Senin, 12 November 2012

Komunitas Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif Di Bandung

Definisi Komunitas menurut wikipedia adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". Komunitas yang sangat beragam dan berjumlah sangat banyak menjadi pemicu berkembangnya industri kreatif di kota Bandung. Hal ini agak berbeda dengan Inggris yang memulai industri kreatif dari industri rumahan (home industry). Disamping itu kota Bandung memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap pendatang dan perubahan. Pemerintah kota Bandung saat ini memberikan perhatian yang lebih pada public area. Banyak taman kota yang dikembalikan ke fungsi awal serta menambah fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat kota Bandung. Hal ini sangat penting, karena menurut Richard Florida (2003), faktor tempat merupakan hal yang esensi untuk pertumbuhan industri kreatif. Perkembangan industri kreatif di bandung berawal dari usaha masing-masing anggota komunitas kreatif kemudian menjadi besar dan berkembang dengan baik serta menjadi konsumsi dari masyarakat diluar komunitas. Jumlah komunitas kreatif kota Bandung dari hasil studi yang dilakukan oleh Bappeda Kota Bandung berjumlah 5.291 yang terklasifikasi dalam lima belas jenis industri kreatif (10/12/08). Lima belas jenis industri tersebut adalah (1) Jasa Periklanan, (2) Arsitektur, (3) Pasar barang seni, (4) Kerajinan, (5) Desain (6) Mode/Fesyen, (7) Video, film dan fotografi, (8) Permainan Interaktif, (9) Musik, (10) Seni pertunjukan, (11) Penerbitan dan percetakan, (12) Layanan komputer dan Piranti lunak/software, (13) Televisi dan Radio, (14) Riset dan Pengembangan, (15) Kuliner. Jumlah komunitas yang sangat besar ini menjadi hal menarik karena pada akhirnya, komunitas bukan lagi dianggap sebagai tempat berkumpul karena memiliki satu kesamaan tetapi juga dari komunitas itulah bisnis masing-masing anggota dibangun dan berkembang. Komunitas adalah kekuatan bagi pelaku industri kreatif di kota Bandung. Saat ini terdapat ratusan komunitas kreatif di kota Bandung. Jumlah ini tidak bisa dihitung dengan pasti karena keberadaan anggota komunitas sangat membaur/beririsan satu dengan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WISATA VIRTUAL KOTA AMBON Semalam saya ikut wisata virtual Kota Ambon yang diadakan salah satu komunitas wisata di Jakarta via Zoom. Bia...